KAI Daop 4 Semarang Kerahkan Lokomotif Khusus dan Rekayasa Jalur untuk Pastikan Layanan Tetap Jalan di Tengah Genangan Air
-
-
Iyant Re
28 Oktober 2025 - 2 menit dibaca
INFOGROBOGAN.ID, SEMARANG – Di tengah gangguan perjalanan akibat genangan air di jalur antara Stasiun Semarang Tawang dan Stasiun Alastua, PT KAI Daop 4 Semarang menunjukkan kesigapan dengan berbagai langkah teknis dan pelayanan agar operasional kereta api tetap berjalan aman.
Salah satu langkah menonjol adalah diterjunkannya lokomotif diesel hidrolik BB 304 dan lokomotif CC 300 bantuan dari Kemenhub DJKA Balai Teknik Perkeretaapian Semarang. Kedua lokomotif ini digunakan untuk membantu menarik rangkaian KA melalui jalur alternatif yang dinilai lebih aman dari genangan air.
Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo, mengatakan penggunaan dua jenis lokomotif ini merupakan bentuk kesiapsiagaan KAI dalam menghadapi kondisi darurat tanpa mengorbankan keselamatan pelanggan.
“Keselamatan pelanggan selalu menjadi prioritas utama. Kami terus berkoordinasi dengan berbagai pihak agar perjalanan KA tetap bisa berjalan meski melalui jalur memutar,” ujar Franoto, Selasa (28/10/2025).
Selain pengoperasian lokomotif khusus, KAI juga menerapkan rekayasa pola operasi dengan memutar sejumlah perjalanan kereta jarak jauh melalui lintas alternatif seperti Tegal, Prupuk, Solo, hingga Cirebon. Langkah ini ditempuh agar ribuan pelanggan tetap dapat melanjutkan perjalanan menuju tujuan akhir tanpa harus menunggu jalur normal kembali dibuka.
Sejumlah kereta yang terdampak di antaranya KA Argo Bromo Anggrek, Brawijaya, Gumarang, Kertajaya, hingga Pandalungan. Meski memutar, seluruh perjalanan tetap diupayakan berangkat sesuai jadwal keberangkatan dari stasiun asal.
Tak hanya dari sisi teknis, KAI juga menyiapkan kompensasi pelayanan bagi pelanggan yang terdampak keterlambatan atau perubahan rute. Penumpang dapat membatalkan perjalanan dengan pengembalian 100 persen biaya tiket, atau memperoleh makanan dan minuman jika tetap melanjutkan perjalanan dengan keterlambatan lebih dari tiga jam.
Langkah lain yang dilakukan Daop 4 adalah mengalihkan penumpang dari satu kereta ke kereta lain untuk tujuan sama. Misalnya, penumpang KA Blambangan Ekspres dan KA Harina dialihkan ke KA Sembrani agar tetap dapat menuju Surabaya tanpa penundaan berarti.
“Kami pastikan seluruh penumpang tetap terlayani dengan baik. Tidak ada yang tertinggal tanpa solusi,” tegas Franoto.
KAI juga mengimbau pelanggan untuk terus memperbarui informasi perjalanan melalui Contact Center 121, WhatsApp 0811-222-33-121, email cs@kai.id, serta akun media sosial resmi @KAI121.
Di tengah cuaca ekstrem yang berdampak pada prasarana rel, langkah cepat dan terukur dari KAI Daop 4 Semarang menjadi bukti komitmen perusahaan dalam menjaga keandalan layanan publik berbasis transportasi massal.
Tags : #KAI #KAI Daop 4
Posting Terkait
Iyant Re
Admin at Infogrobogan.id-
Kategori
Populer Post
Mobil vs Kereta di Grobogan, 2 Orang Meninggal
Breaking News, Mobil Tertabrak Kereta Api di Desa Tunggak
Brak, Motor Bertabrakan dengan Truk di Tawangharjo
Ditabrak Truk Dump, Sopir Truk Tronton Tewas saat Ganti Ban
Posting Terbaru
Tinggalkan komentar