logo logo

Menyajikan informasi berimbang seputar Kabupaten Grobogan

InfoGrobogan.ID

Purwodadi, Grobogan, Jawa Tengah

Call: 6281779444682

hai@infogrobogan.id

Imbas Genangan Air, KAI Daop 4 Semarang Refund Ribuan Tiket Penumpang

Image Cover

INFOGROBOGAN.ID, SEMARANG – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang menunjukkan komitmennya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan yang terdampak gangguan perjalanan akibat genangan air di jalur Semarang Tawang–Alastua. Hingga Kamis (30/10) pukul 15.00 WIB, sebanyak 4.180 pelanggan telah dilayani proses refund tiket secara penuh.


Gangguan perjalanan ini terjadi akibat genangan air di kilometer 2+3 sampai 3+0 petak Jalan Semarang Tawang–Alastua, yang menyebabkan beberapa rangkaian kereta tidak dapat melintas secara normal. Meski demikian, pihak KAI memastikan seluruh layanan kepada pelanggan tetap berjalan, termasuk pemberian opsi pengembalian dana 100 persen bagi penumpang yang membatalkan perjalanan.


Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo, mengatakan bahwa layanan refund dapat dilakukan hingga tujuh hari setelah jadwal keberangkatan di seluruh stasiun online KAI. Langkah ini, menurutnya, merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan untuk menjaga kepercayaan pelanggan.


“Refund ini merupakan wujud nyata tanggung jawab kami kepada pelanggan. KAI berupaya memastikan setiap hak pelanggan tetap terpenuhi, baik bagi yang membatalkan perjalanan maupun yang tetap melanjutkan perjalanan dengan pengaturan khusus,” ujar Franoto.


Selain refund, KAI Daop 4 Semarang juga memfasilitasi mekanisme overstapen untuk memudahkan perjalanan penumpang yang terdampak. Dalam periode yang sama, sebanyak 3.041 penumpang telah dibantu melalui sistem perpindahan ke kereta lain atau pengalihan perjalanan menggunakan bus menuju stasiun tujuan.


Tak hanya itu, selama masa gangguan akibat genangan air ini, KAI juga telah menyalurkan service recovery kepada 23.367 penumpang. Layanan ini diberikan sebagai bentuk pemenuhan standar pelayanan minimum yang telah ditetapkan oleh regulator.


Franoto menegaskan, keselamatan dan kenyamanan pelanggan tetap menjadi prioritas utama perusahaan, meskipun di tengah kondisi darurat sekalipun.


“Kami memahami kondisi ini tidak nyaman bagi pelanggan. Oleh karena itu, selain menjaga keselamatan perjalanan sebagai prioritas utama, kami juga memastikan aspek layanan dan hak-hak pelanggan tetap menjadi perhatian,” tutupnya.


Dengan berbagai langkah tersebut, KAI Daop 4 Semarang berupaya memastikan bahwa setiap pelanggan yang terdampak tetap mendapatkan pelayanan optimal dan solusi terbaik hingga kondisi jalur kembali normal.


Tags : #Daop 4 Semarang #KAI Daop 4 #Terendam Banjir

avatar

Iyant Re

Admin at Infogrobogan.id
View Articles

-


Tinggalkan komentar

Link Terkait